KENAPA HARUS BERSEDIH?

بسم الله الرحمن الرحيم

KENAPA HARUS BERSEDIH?

Asy-Syaikh Abu Muhammad Shalah Kantusy hafidzahullah berkata,

كل أمرك مكتوب ما من لقمة ستدخل بطنك إلا و قد كتب الله لك أنك ستأكلها، و ما من لقمة لم تدخل بطنك إلا و الله جل و على لم يكتبها لك جاء ذلك في حديث ابن مسعود و غيره و فيه فيرسل إليه الملك فيؤمر بكتب رزقه و أجله و عمله و شقي أو سعيد إذن الأمر محسوم فلماذا تقع الوسوسة؟ ولماذا يقع القلق على أمور محسومة ؟ إن كنت تخاف على رزقك وهو محسوم وإن كنت تخاف على أجلك وهو محسوم فلماذا إذن يبقى العبد قلقا موسوسا على أمر محسومة

“Semua urusanmu sudah ditentukan. Tidaklah satu suapan yang akan masuk ke dalam perutmu melainkan sungguh telah Allah tetapkan bahwa engkau akan memakannya, dan tidaklah satu suapan yang tidak masuk ke dalam perutmu melainkan hal itu tidak ditentukan oleh Allah Jalla wa ‘Ala .

Hal ini telah dijelaskan di dalam hadis Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dan yang lainnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa malaikat diutus kepada janin yang telah genap berusia empat bulan, diperintahkan untuk menulis rezeki dan ajalnya serta amalannya, dia celaka atau bahagia.

Jika demikian, urusannya sudah ditentukan kenapa ada perasaan waswas? Kenapa gelisah pada perkara yang sudah ditentukan? Jika engkau khawatir terhadap rezekimu, rezeki itu sudah ditentukan, jika engkau khawatir terhadap ajalmu, ajal itu sudah ditentukan. Kalau begitu kenapa hamba harus gelisah, merasa waswas dalam perkara yang sudah ditentukan.”

Sumber: https://bit.ly/30oY3TV
Dari menit ke 13:06 sampai ke 13:58.

Alih bahasa: Abu Fudhail Abdurrahman ibnu Umar غفر الرحمن له.

Baca Juga: DUA KEBAIKAN YANG BESAR MENANTIMU JIKA ENGKAU MAU BERSABAR

Ayo Gabung dan Bagikan:
Kanal Telegram: https://t.me/alfudhail
Situs Web: https://alfudhail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *